Lokakarya Pengembangan Grand Design Smart City Kabupaten Indramayu

Kabupaten Indramayu merupakan sebuah daerah yang lahan daratannya didonimasi oleh lahan sawah, sehingga bisa dikatakan bahwa Indramayu merupakan sebuah daerah pertanian (agraris) yang secara nasional telah ditetapkan juga sebagai lumbung pangan nasional. Kabupaten Indramayu juga memiliki daerah laut serta pantai yang menghasilkan produk tambak dan ikan.  Selain hasil pertanian dan perikanan, Kabupaten Indramayu juga memiliki potensi kawasan industry di Kecamatan Balongan serta kawasan industri kecil dan sedang yang tersebar di 5 wilayah Kecamatan. Pengembangan potensi industri ini semakin besar dengan adanya rencana pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kabupaen Indramayu juga memiliki banyak masalah yang perlu untuk diselesaikan. Beberapa permasalahan yang dipandang strategis untuk bisa segera diatasi di Kabupaten Indramayu antara lain adalah:

  1. Mutu dan aksesibilitas pendidikan
  2. Kualitas dan aksesibilitas pelayanan kesehatan
  3. Penanganan masalah kebencanaan (banjir dan abrasi pantai)
  4. Pengembangan ekonomi daerah (aksesibilitas terhadap sumber ekonomi dan pengembangan usaha lokal)
  5. Daya saing daerah
  6. Penataan Birokrasi

Smart City merupakan konsep yang dapat menjawab permasalahan yang ada di Kabupaten Indramayu. Berkaitan dengan hal tersebut, Bappeda Kabupaten Indramayu menyelenggarakan lokakarya untuk menyusun Grand Design Indramayu Smart City. yang Smart, Lokakarya ini diselenggarakan pada hari Rabu (21/03/2018) dipimpin oleh Wakil Bupati Indramayu Drs. H. Supendi, M.Si dan dihadiri oleh seluruh Camat serta pejabat instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan menghadirkan narasumber dari ITB. Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan sangat antusias dengan diselenggarakannya lokakarya Grand Design Smart City beliau berharap dengan lokakarya ini selanjutnya untuk menjadikan Indramayu sebagai kota yang Smart.

Penyusunan Grand Design Smart City Kabupaten Indramayu dapat mencapai tujuannya dengan baik apabila dilaksanakan dengan menggunakan metodologi yang tepat. Gambar berikut ini memperlihatkan metodologi yang akan digunakan untuk kegiatan ini.

 

Gambar 1. Tahapan Penyusunan Grand Design Smart City Kabupaten Indramayu

Seperti terlihat pada gambar di atas, kegiatan ini memiliki banyak tahapan yang perlu ditempuh. Masing-masing tahapan dapat terdiri dari beberapa kegiatan tersendiri.